clock

Kamis, 17 Oktober 2013

File Disediakan sebagai sebuah konsep dasar dalam system Relasi. Bila Dilihat dari Struktur Organisasi filenya, File dapat Dibagi menjadi 6 : 

1.     Pengertian File Pile
File pile merupakan struktur yang paling sederhana dan jarang digunakan secara praktis. Namun merupakan dasar evaluasi bagi struktur – struktur lainnya.
Definisi File Pile :
·          Menyediakan kemampuan untuk mengolah data secara fleksibel
·          Pengaturan data dalam file cenderung tidak terstruktur
·          Merupakan struktur organisasi yang menggunakan tempat penyimpanan data yang bervariasi baik ukuran maupun strukturny
2.     Pengertian Sequential File
Sequential file merupakan suatu cara ataupun suatu metode penyimpanan dan pembacaan data yang dilakukan secara berurutan. Dalam hal ini, data yang ada akan disimpan sesuai dengan urutan masuknya. Data pertama dengan nomor berapapun, akan disimpan ditempat pertama demikian pula dengan data berikutnya yang juga akan disimpan ditempat berikutnya.
Dalam melakukan pembacaan data, juga akan dilakukan secara berurutan, artinya, pembacaan akan dimulai dari data paling awal dan dilanjutkan dengan data berikutnya sehingga data yang dimaksud bisa diketemukan.
Keuntungan :
-          Merupakan organisasi file yang sederhana.
-          Jarak setiap aplikasi yang tersimpan sangat jelas.
-           Metode penyimpanan didalam memory sangat sederhana, sehingga efisien untuk menyimpan record yang besar.
-           Sangat murah untuk digunakan, sebab medianya cukup menggunakan magnetic tape.
Kerugian :
-          Seandainya diperlukan perubahan data, maka seluruh record yang tersimpan didalam master file, harus semuanya diproses.
-           Data yang tersimpan harus sudah urut (sorted). Posisi data yang tersimpan sangat susah untuk up-to-date, sebab master file hanya bisa berubah saat proses selesai dilakukan. Tidak bisa dilkukan pembacaan secara langsung
Definisi file sequensial :
-          Terdiri dari kumpulan record fixed dan terurut berdasarkan ketentuan tertentu
-           Penyimpanan data tidak fleksibel
-           Update dalam file cukup sulit
-           Struktur file sederhana.
3.    PENGERTIAN FILE SEKUENSIAL BERINDEKS
Sebelum kita mengarah pada definisi dari Organisasi Berkas Indeks Sequential, lebih baik terlebih dahulu kita pahami dulu satu persatu dari pengertian Organisasi Berkas Indeks Sequential tersebut.
  • Organisasi File debut juga sebagai suatu teknik atau cara yang digunakan untuk menyatakan dan menyimpan record–record dalam sebuah file.
  • Campuran organisasi berkas langsung dengan organisasi berkas sekuensial
  • Cocok untuk aplikasi yang memakai kedua jenis cara pengaksesan (langsung dan sekuensial)
  • Sangat berguna kalau kita pada suatu saat perlu mengakses satu record saja, dan pada saat yang lain perlu mengakses banyak rekord sekaligus
  • Sedangan pengertian dari Index Sequential File merupakan perpaduan terbaik dari teknik Sequential dan random file. Pada teknik penyimpanan yang dilakukan, menggunakan suatu index yang isinya berupa bagian dari data yang sudah tersortir. Index ini diakhiri denga adanya suatu pointer (penunjuk) yang bisa menunjukkan secara jelas posisi data yang selengkapnya. Index yang ada juga merupakan record-key (kunci record), sehingga kalau recordkey ini dipanggil, maka seluruh data juga akan ikut terpanggil.
Jadi, organisasi berkas indeks sequential adalah Berkas/file yang disusun sedemikian rupa sehingga dapat diakses secara sequential maupun secara direct (langsung) atau kombinasi keduanya, direct dan sequential.
Contoh sederhana dari organisasi ini adalah susunan data yang ada di sebuah buku kamus. Kita bisa mengakses buku kamus tersebut secara sequential (berurutan), maupun melalui index (daftar isi) nya.
Definisi File Sekuensial Berindeks :
·         Struktur organisasi yang mengombinasikan indeks dengan sekuensial file
·         Keunggulan : pencarian data dan update file berdasarkan 1 atribut tertentu jauh lebih baik daripada sekuensial file.
4.     Pengertian File Dengan multiple indeks
                  File Brindeks Majemuk (Multiple Indexed File) : File indeks berisi kumpulan isian indeks untuk mengacu record di file utama. Isian indeks berisi pasangan nilai atribut kunci record dan pointer acuan untuk pengaksesan seketika record tersebut, yaitu ( nilai kunci, pointer ). Pada file berindeks majemuk, pembaruan dilakukan terhadap file utama bukan file overflow. Karena record dicari lewat indeks, maka indeks harus dinamis. Begitu terjadi pembaruan ( insert, update, delete ), maka indeks –indeks diperbarui mengikuti perubahan di file utama.
Definisi File Berindeks Majemuk :
·         File indeks dengan banyak key
·         Memungkinkan pencarian data dengan menggunakan lebih dari 1 atribut
·         Cukup fleksibel
·         Proses update kompleks
·         Pengambilan record lebih mudah
5.    Pengrtian File ber-Hash (Hashed File)
File ber-Hash (Hashed File) adalah Metode penempatan dan pencarian yang memanfaatkan metode Hash disebut hashing atau ‘Hash addressing’ dan fungsi yang digunakan disebut fungsi hashing / fungsi Hash. Fungsi hashing atau fungsi Hash inilah yang dapat menjadi salah satu alternatif dalam menyimpan atau mengorganisasi File dengan metode akses langsung. Fungsi Hash berupaya menciptakan “fingerprint” dari berbagai data masukan. Fungsi Hash akan mengganti atau mentransposekan data tersebut untuk menciptakan fingerprint, yang biasa disebut Hashvalue (nilai Hash
            Definisi Hash File :
·         Memungkinkan pencapaian record secara cepat berdasarkan rumus tertentu
·         Format record tetap
6.    Pengertian File Multiring
Multiring File merupakan metode pengorganisasian file yang berorientasi pada pemrosesan subset dari record secara efisien. Subset tersebut digambarkan sebagai grup dari beberapa record yang terdiri dari nilai atribut yang biasa. Contohnya “Semua pekerja yang berbicara bahasa Perancis”. Subset dari record dihubungkan bersama secara eksplisit menggunakan pointer. Rantai penghubung ini menentukan urutan anggota dari subset. Setiap subset mempunyai record kepala yang merupakan record awal dari suatu rantai. Sebuah record kepala berisi informasi yang berhubungan dengan seluruh record anggota di bawahnya. Record-record kepala ini juga dapat dihubungkan menjadi sebuah rantai. Tipe rantai tertentu yang digunakan untuk menggambarkan hal ini dinamakan ring, yang merupakan rantai di mana pointer anggota terakhir digunakan untuk menunkuk record kepala dari rantai. Ring-ring dapat disarangkan dalam banyak level kedalaman. Dalam hal ini record anggota dari ring level ke-i record kepala ring bawahan pada level i-1. Ring level terbawah, yang berisi data terakhir, selalu dianggap berada pada level 1
            Definisi Multiring File :
·         Terdidri dari kumpulan record yang memiliki interkoneksi antar record
·         Mempercepat pencarian
·         Boros tempat karena membutuhkan pointer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar